Article Detail

SMP Stella Duce 1 Mendapat Medali Emas dalam LPSN 2017

Jakarta, 09 – 13 Oktober 2017 bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Sudirman berlangsung Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) untuk siswa – siswi berprestasi di bidang sains perwakilan dari berbagai macam provinsi di Indonesia. Tarakanita turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yang di wakili oleh 3 orang siswa dari SMP Stella Duce 1 Yogyakarta. 3 siswa tersebut adalah Reynard Ardian Simanjuntak, Christopher Marcellino, dan Gerardus Fandy Gunawarman Putra, dan di dampingi oleh satu orang pendamping. Sebuah alat yang mereka presentasikan dalam Lomba Penelitian Siswa Nasional SMP 2017 dengan judul penelitian ‘Sarung Tangan Penerjemah Bahasa Isyarat Tunawicara Berbasis Arduino’.  Berawal dari pengalaman pribadi mereka melihat adanya miskomunikasi antara seorang tunawicara dengan petugas di halte transjogja, membuat hati mereka tergugah dan menciptakan sebuah alat sarung tangan untuk menerjemahkan bahasa isyarat bagi penyandang tunawicara.  Menurut Reynard Diperlukan riset yang cukup lama untuk menjadikan sarung tangan ini berfungsi dengan baik. Mereka mencoba dan terus mencoba dalam kurun waktu enam bulan terhitung sejak Maret 2017. Selain presentasi dengan juri, siswa-siswa tersebut mengadakan pameran sesuai dengan penelitian yang mreka telah buat. Berbagai usaha dan doa tidak berujung sia-sia karena mereka berhasil membawa medali emas dan membawa harum nama Yogyakarta pada umumnya dan Tarakanita pada khususnya. Dengan menampilkan penelitian mereka di LPSN SMP ini, mereka semakin bersemangat untuk menjadikan sarung tangan ini lebih sempurna lagi. Ditambah dengan respon positif yang juri berikan ketika mereka memaparkan sarung tangan ini menambah motivasi mereka untuk terus menumbuhkan rasa kreativitas dan inovasi dalam ilmu pengetahuan. Besar harapan mereka bahwa sarung tangan yang mereka rakit mampu berguna untuk para penyandang tunawicara dan dapat diproduksi masal dan dipasarkan ke seluruh Indonesia. Salam Tarakanita...

LPSN

LPSN

LPSN
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment