Article Detail
SEMAKIN MENGENAL DIRI DENGAN BELAJAR DARI SANGIRAN
SMP Stella Duce 1 Yogyakarta memberikan kesempatan kepada siswa kelas VIII untuk mengikuti Pembelajaran Luar Sekolah (PLS) yang bertujuan untuk semakin mengembangkan wawasan dan menemukan niai hidup di tempat yang dikunjungi. PLS tahun pelajaran 2017/2018 bagi siswa keas VIII pelaksanaannya berbeda dari tahun sebelumnya. PLS tahun ini menjadi satu rangkaian dengan kegiatan live in. Museum Sangiran menjadi pillihan tempat belajar siswa kali ini. PLS diikuti enam kelas VIII (Ajisaka, Brawijaya, Cindelaras, Damarwuan, Erlangga, dan Jayabaya) yang diselenggarakan pada hari Rabu, 11 April 2018. Perjalanan menuju Sangiran menggunakan transportasi sebanyak 5 bus. Berangkat dari sekolah pukul 07.30 WIB. Setelah kurang lebih 3 jam perjalanan sampailah ke Museum Sangiran. Di sana mereka dibagi menjadi beberapa kelompok agar lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya dan memang keterbatasan area ruangan. Para siswa dibekali panduan pertanyaan sebagai bahan pengamatan dari lima mata pelajaran yaitu IPA (mencari informasi tentang lapisan-lapisan tanah dan factor penyebab adanya fosi di Sangiran), PKn (perbedaan secara mora antara kehidupan manusia purba dengan manusia jaman sekarang)), Bahasa Indonesia (membuat puisi dengan tema “Manusia Purba”), dan Bahasa Inggris (membuat cerita dengan tema “Going to Sangiran), dan IPS (menuliskan sejarah Sangiran).
Di Museum Sangiran mereka tidak hanya meengamati secara langsung, tetapi juga diajak melihat video tentang sejarah Museum Sangiran. Kegiatan ini menyenangkan bagi para siswa karena selain dapat belajar, mereka juga dapat bereksplorasi dengan mendapat inspirasi dari luar kelas (Museum Sangiran). Para siswa terihat antusias dan bersemangat meskipun harus berjalan mengelilingi museum yang cukup luas. Kegiatan PLS ini dapat meningkatkan tanggung jawab, kerjasama, ketelitian, dan kesabaran. Harapannya PLS untuk tahun selanjutnya lebih seru dan menyenangkan.
(Oleh : Yustina Novi Kurniati, S.Pd.)
(Oleh : Yustina Novi Kurniati, S.Pd.)
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment