Article Detail

Membatik Bersama Anak-anak kelas 5 SD Tarakanita Bumijo

Rabu, 28 Februari 2018 sejumlah 129 siswa dan siswi kelas V SD Tarakanita Bumijo mengadakan kunjungan PLS ke SMP Stela Duce 1. Mereka ingin belajar membatik dan mengenal dari dekat SMP Stella Duce 1.

Wajah-wajah antusias siswa kelas V ketika memasuki pintu gerbang SMP Stella Duce 1.  Kami terima siswa dan siswi SD Tarakanita di aula. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama bermain dengan teman-teman kelas 7 dan 8 SMP Stella Duce 1, sedangkan kelompok kedua bermain dan belajar bersama membatik di unit dua SMP Stella Duce 1.

Didampingi oleh beberapa orang guru dari SD Tarakanita,  mereka mulai belajar menorehkan lilin malam pada kain yang mereka bawa dari rumah. Ada yang sudah fasih dalam menorehkan lilin malam, tetapi ada yang ragu-ragu karena takut panasnya lilin malam.

Setelah mereka selesai nglowongi kain, mereka mulai belajar memberi warna pada kain masing-masing. Dalam kegiatan ini semua anak menikmati hasil kerja keras mereka. Sungguh suatu hal yang sangat menakjubkan ketika mereka memberikan kesaksian tentang belajar membatik di SMP Stella Duce 1 Yogyakarta. Salah seorang siswa SD Tarakanita memberikan kesaksian yang sangat polos pada akhir kegiatan. Dari awalnya yang merasa ragu-ragu menjadi tertarik dan akhirnya dapat membuat satu hasil karya selembar kain yang dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Kerjasama yang sinergi antara SD Tarakanita Bumijo dan SMP Stella Duce 1 perlu selalu ditingkatkan secara terus menerus agar kesinergian kegiatan dan kelangsungan pembinaan karakter ketarakanitaan dapat terus berlanjut. Di sisi lain, sekolah juga menanamkan kepada siswa untuk cinta akan budaya, terutama budaya Yogya yaitu membatik.

Perjumpaan sesaat diharapkan dapat menghasilkan buah yang berlimpah. Pemupukan dan pemeliharaan perlu kesinambungan agar yang diharapkan dapat tercapai dengan sempurna.  Akhirnya hanya akan ada secara terus menerus pekik “Satu hati Satu Semangat Tarakanita yes!!!!” yang selalu berkumandang.

(Oleh : Dra. Th. Dharmayanti)









Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment