Article Detail
MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) Siswa Baru 2017/2018
Proses inisiasi seseorang untuk masuk dalam sebuah komunitas perlu dipersiapkan. Setiap ruang dan suasana dalam komunitas baru belum tentu sama dengan komunitas sebelumnya. Seseorang perlu pengenalan lanjut dan adaptasi dengan komunitas baru tersebut. Kesadaran akan hal ini dijadikan sebagai latar belakang diselenggarakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru di lingkungan SMP Stella Duce 1 bagi peserta didik baru. Berdasar persoalan di atas, maka menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah untuk merancang suatu kegiatan yang bertujuan agar peserta didik baru dapat mengenal lingkungan belajar yang baru, sehingga memudahka untuk menyesuaikan diri dan aktif mengambil bagian dalam setiap aktivitas kegiatan di sekolah.
Kegiatan masa orientasi ini diharapkan mampu menjadi langkah pembuka untuk memperkenalkan lingkungan sekolah beserta dengan seluruh aktivitas kegiatan kepada peserta didik baru, dan membangun kecintaan terhadap sekolah, sehingga nantinya dalam mereka berproses bersama selama 3 tahun, nilai-nilai spriritualitas yang ditanamkan mampu memberi warna dalam pribadi peserta didik.Tujuan Kegiatan MPLS :
- Mengenal dan memahami visi-misi Yayasan dan Sekolah.
- Mengenal nilai – nilai spiritualitas CB sebagai dasar mengembangkan Karakter Tarakanita.
- Memahami dan mengenal kurikulum sekolah Tarakanita.
- Mengenal cara belajar yang efektif dan efisien di sekolah.
- Mengenalkan lingkungan sekolah (internal dan eksternal) beserta dengan seluruh aktivitas dan kegiatannya kepada peserta didik baru.
- Mengenal cara belajar yang efektif dan efisien di sekolah.
- Mengenal dan memahami tata tertib sekolah sehingga dapat menegakkan kedisiplinan dan tanggung jawab sebagai peserta didik .
- Menjadikan lingkungan sekolah sebagai ”rumah” yang nyaman bagi peserta didik baru sebagai salah satu perwujudan pelayanan yang prima kepada peserta didik .
- Menumbuhkembangkan kepedulian peserta didik dengan sesama, lembaga dan lingkungan hidup.
- Memiliki kepercayaan diri, kemampuan mengemukakan pendapat dan mengaktualisasikan diri.
- Termotivasi dalam semangat belajar yang kompetitif aaar dapat meraaih cita – cita sesuai bakat, minat dan kemampuan.
- Memiliki kebanggaan sebagai warga sekolah, menjaga nama baik dan almamater sekolah.
- Saling mengenal satu dengan yang lain dan mempererat tali persaudaraan.
- Membangun kemandirian, kerjasama, dan kepedulian antar peserta didik , baik sesama peserta didik baru maupun peserta didik baru dengan peserta didik lama dalam suasana gembira yang penuh makna
Metode penyampaian MPLS: game, pengamatan lokasi, dinamika kelompok, ceramah, dan tanya jawab. Waktu kegiatan pada hari Senin-Rabu tanggal 17-19 Juli 2017
Materi MPLS tahun ini adalah :
NO |
NILAI |
INDIKATOR |
MATERI |
NAMA KEGIATAN |
1 |
Kerjasama |
Mampu bekerjasama dalam pelaksanaan upacara pembukaan MOPDB sesuai tugas masing-masing |
Upacara Pembukaan |
Upacara Pembukaan MOPDB Tahun Pembelajaran 2017 – 2018
|
2 |
Kepedulian |
Mampu menunjukkan kepedulian terhadap visi – misi sekolah dan spiritualitas yang mendasari seluruh aktivitas dan kegiatan sekolah. |
Visi Misi Sekolah dan Ke-Tarakanitaan |
Visi Misi Sekolah dan Ketarakanitaan Kegiatan:
|
3 |
Kerjasama, Kepedulian dan kemandirian |
« Mampu menunjukkan perilaku santun dalam berhubungan dengan manusia lain
« Mampu menemukan cara-cara belajar yang paling tepat untuk diterapkan dan efektif untuk masing-masing pribadi
« Mampu bekerjasama, mandiri dan menerima diri sendiri
|
Tata krama dan Pengenalan BK dan layanannya, meliputi:
|
Etika Pergaulan Kegiatan:
Cara Belajar Efektif Kegiatan
Tata Tertib Peserta didik Kegiatan:
Pemanfaatan BK Kegiatan:
Pengenalan budaya refleksi diri (Self Assessment) Kegiatan:
|
4 |
Kepedulian dan kemandirian |
Mampu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah |
Peduli terhadap lingkungan dan fasilitas sekolah serta lingkungan sekitar sekolah. |
Pengenalan Lingkungan Sekolah (internal dan Eksternal) Kegiatan:
|
5 |
Kepedulian dan kemadirian |
Mampu menunjukkan kepedulian terhadap kegiatan dan aktivitas belajar di sekolah
Mampu melaksanakan prosedur pembayaran SPP |
Pengenalan Kurikulum SMP Stella Duce 1
Pengenalan Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler
Pemanfaatan UKS
Pemanfaatan Perpustakaan sebagai sumber belajar dan sumber ilmu pengetahuan
Prosedur Pembayaran SPP
|
Pengenalan Program Kurikulum Sekolah Kegiatan:
Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler Kegiatan:
Pemanfatan UKS Kegiatan:
Pemanfaatan Perpustakaan Kegiatan:
Cara Pembayaran SPP Kegiatan:
|
6 |
Kerjasama, kepedulian dan kemandirian |
Mampu bekerjasama dan saling peduli dalam menyelesaikan berbagai permainan |
Character Building dan Dinamika Kelompok bersama dengan Pengenalan OSIS |
Character Building dan Dinamika Kelompok bersama dengan Pengurus OSIS Kegiatan:
|
14 |
Kerjasama |
Mampu bekerjasama dalam melaksanakan Latihan acara Serah Terima Peserta didik Baru dari Orangtua kepada Sekolah |
Persiapan Serah Terima Peserta didik Baru dari Orangtua kepada Sekolah |
Pemilihan Petugas dan Latihan Serah Terima Pesrta Didik Baru dari Orangtua kepada Sekolah |
15 |
Kerjasama |
Mampu bekerjasama dalam pelaksanaan upacara penutupan MOPDB sesuai tugas masing-masing |
Upacara Penutupan |
Upacara Penutupan MOPDB 2017 – 2018
|
-
there are no comments yet