Article Detail

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) Siswa Baru 2017/2018

Peserta didik  baru di SMP Stella Duce 1 Yogyakarta berasal dari berbagai sekolah yang berbeda, ada yang berasal dari dalam dan  luar kota, bahkan dari luar pulau Jawa. Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi SMP Stella Duce 1 Yogyakarta, karena masing-masing peserta didik  membawa karakteristik yang beragam, baik dari segi budaya, kebiasaan, strata sosial dan perbedaan lainnya. Perbedaan adalah indah ketika kita bisa mengelola perbedaan tersebut dengan baik.

Proses inisiasi seseorang untuk masuk dalam sebuah komunitas perlu dipersiapkan. Setiap ruang dan suasana dalam komunitas baru belum tentu sama dengan komunitas sebelumnya. Seseorang perlu pengenalan lanjut dan adaptasi dengan komunitas baru tersebut. Kesadaran akan hal ini dijadikan sebagai latar belakang diselenggarakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru di lingkungan SMP Stella Duce 1 bagi peserta didik  baru. Berdasar persoalan di atas, maka menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah untuk merancang suatu kegiatan yang bertujuan agar peserta didik  baru dapat mengenal lingkungan belajar yang baru, sehingga memudahka untuk menyesuaikan diri dan aktif mengambil bagian dalam setiap  aktivitas kegiatan di sekolah.

Kegiatan masa orientasi ini diharapkan mampu menjadi langkah pembuka untuk memperkenalkan lingkungan sekolah beserta dengan seluruh aktivitas kegiatan kepada peserta didik  baru, dan membangun kecintaan terhadap sekolah, sehingga nantinya dalam mereka berproses bersama selama 3 tahun, nilai-nilai spriritualitas yang ditanamkan mampu memberi warna dalam pribadi peserta didik.

Tujuan Kegiatan MPLS :
  1. Mengenal dan memahami visi-misi Yayasan dan Sekolah.
  2. Mengenal nilai – nilai spiritualitas CB sebagai dasar mengembangkan Karakter Tarakanita.
  3. Memahami dan mengenal kurikulum sekolah Tarakanita.
  4. Mengenal cara belajar yang efektif dan efisien di sekolah. 
  5. Mengenalkan lingkungan sekolah (internal dan eksternal) beserta dengan seluruh aktivitas dan kegiatannya kepada peserta didik  baru.
  6. Mengenal cara belajar yang efektif dan efisien di sekolah.
  7. Mengenal dan memahami tata tertib sekolah sehingga dapat menegakkan kedisiplinan dan tanggung jawab sebagai peserta didik .
  8. Menjadikan lingkungan sekolah sebagai ”rumah” yang nyaman bagi peserta didik  baru sebagai salah satu perwujudan pelayanan yang prima kepada peserta didik .
  9. Menumbuhkembangkan kepedulian peserta didik  dengan sesama, lembaga dan lingkungan hidup.
  10. Memiliki kepercayaan diri, kemampuan mengemukakan pendapat dan mengaktualisasikan diri.
  11. Termotivasi dalam semangat belajar yang kompetitif aaar dapat meraaih cita – cita sesuai bakat, minat dan kemampuan.
  12. Memiliki kebanggaan sebagai warga sekolah, menjaga nama baik dan almamater sekolah.
  13. Saling mengenal satu dengan yang lain dan mempererat tali persaudaraan.
  14. Membangun kemandirian, kerjasama, dan kepedulian antar peserta didik , baik sesama peserta didik  baru maupun peserta didik  baru dengan peserta didik  lama dalam suasana gembira yang penuh makna

Metode penyampaian MPLS: game, pengamatan lokasi, dinamika kelompok, ceramah, dan tanya jawab. Waktu kegiatan pada hari Senin-Rabu tanggal 17-19 Juli 2017

Materi MPLS tahun ini adalah :

NO

NILAI

INDIKATOR

MATERI

NAMA KEGIATAN

1

Kerjasama

Mampu bekerjasama dalam pelaksanaan upacara pembukaan MOPDB sesuai tugas masing-masing

Upacara Pembukaan

Upacara Pembukaan MOPDB Tahun Pembelajaran 2017 – 2018

 

 

2

Kepedulian

Mampu menunjukkan kepedulian terhadap visi – misi sekolah dan spiritualitas yang mendasari seluruh aktivitas dan kegiatan sekolah.

Visi Misi Sekolah dan Ke-Tarakanitaan

Visi Misi Sekolah dan Ketarakanitaan

Kegiatan:

  • Peserta didik  diajak untuk berceritera tentang kisah-kisah Santo/Santa pelindung mereka (bagi yang beragama Katolik)
  • Peserta didik  diperkenalkan tentang Santo Carolus Borromeus yang menjadi santo pelindung dan spiritualitas Bunda Elisabet yang menjadi dasar seluruh aktivitas dan kegiatan sekolah.
  • Peserta didik  diperkenalkan tentang Ke-Tarakanitaan, seperti makna logo/lambang Tarakanita, para pendiri sekolah dan unit-unit karya yang ada dibawah naungan yayasan Tarakanita.
  • Peserta didik  diperkenalkan tentang Visi – Misi SMP Stella Duce 1 Yogyakarta

3

Kerjasama, Kepedulian dan kemandirian

«  Mampu menunjukkan perilaku santun dalam berhubungan dengan manusia lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

«  Mampu menemukan  cara-cara belajar yang paling tepat untuk diterapkan dan efektif untuk masing-masing pribadi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

«  Mampu bekerjasama, mandiri dan menerima diri sendiri

 

 

 

 

 

 

 

Tata krama dan Pengenalan BK dan layanannya, meliputi:

  • Tata Krama Peserta didik
  • Belajar Efektif
  • Tata tertib sekolah
  • Pengenalan BK  
  • Budaya refleksi diri  (self assesment)

Etika Pergaulan

Kegiatan:

  • Peserta didik  dihadapkan pada studi kasus yang diwujudkan dalam bentuk drama.
  • Beberapa peserta didik  memperagakan dialog tentang tata krama peserta didik , misal ada yang berperan sebagai orang yang lebih muda, sebaya dan orang yang lebih tua
  • Peserta didik  berdiskusi tentang drama yang diperankan

 

 

 

Cara Belajar Efektif

Kegiatan

  • Peserta didik  diajak berdiskusi tentang hasil (nilai) yang dipeoleh di SD
  • Peserta didik  yang berhasil memperoleh nilai yang memuaskan mengungkapkan cara belajar yang sudah dijalani
  • Seluruh peserta didik  diarahkan untuk menyimpulkan cara belajar yang efektif bagi dirinya
  • Peserta didik  diminta untuk membuat jadwal belajar

 

Tata Tertib Peserta didik

Kegiatan:

  • Peserta didik  diajak mendiskusikan berbagai kasus yang terjadi di dunia pendidikan dan menggali tanggapan dan pola berpikir peserta didik  menghadapi berbagai kasus tersebut.
  • Peserta didik  diajak mendiskusikan berbagai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh peserta didik  dalam kehidupan bersama di sekolah.
  • Peserta didik  di beri penjelasan tentang tata tertib dan aturan yang diterapkan di sekolah.

 

Pemanfaatan BK

Kegiatan:

  • Penjelasan singkat tentang fungsi BK dan layanan-layanan yang dilaksanakan oleh BK

 

Pengenalan budaya refleksi diri (Self Assessment)

Kegiatan:

  • Penjelasan tetang budaya refleksi diri yang akan dilaksanakan oleh sekolah, tujuan dan manfaatnya bagi perkembangan pribadi peserta didik .

4

Kepedulian dan kemandirian

Mampu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah

Peduli terhadap lingkungan dan fasilitas sekolah serta lingkungan sekitar sekolah.

Pengenalan Lingkungan Sekolah (internal dan Eksternal)

Kegiatan:

  • Peserta didik  diajak berkeliling untuk observasi dan diperkenalkan dengan seluruh lingkungan dan fasilitas sekolahserta lingkungan sekitar sekolah.

5

Kepedulian dan kemadirian

Mampu menunjukkan kepedulian terhadap kegiatan  dan aktivitas belajar di sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mampu melaksanakan prosedur pembayaran SPP

Pengenalan Kurikulum SMP Stella Duce 1

 

 

 

Pengenalan Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler

 

 

 

 

 

Pemanfaatan UKS

 

 

 

 

Pemanfaatan Perpustakaan sebagai sumber belajar dan sumber ilmu pengetahuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Prosedur Pembayaran SPP

 

Pengenalan Program Kurikulum Sekolah

Kegiatan:

  • Penjelasan singkat tentang kurikulum sekolah

 

Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler

Kegiatan:

  • Penjelasan singkat tentang kegiatan ekstrakurikuler

 

 

Pemanfatan UKS

Kegiatan:

  • Penjelasan singkat tentang fungsi UKS

 

Pemanfaatan Perpustakaan

Kegiatan:

  • Peserta didik  diajak berdiskusi tentang minat baca mereka
  • Peserta didik  diperkenalkan dengan ruang perpustakaan
  • Peserta didik  diajak untuk memahami manfaat perpustakaan sebagai sumber belajar dan sumber ilmu
  • Peserta didik  dilatih untuk melakukan prosedur peminjaman dan pengembalian buku

 

Cara Pembayaran SPP

Kegiatan:

  • Peserta didik  dilatih untuk melakukan pembayaran SPP. Dimulai dari meminta slip pembayaran, mengisi dan mengembalikannya.

6

Kerjasama, kepedulian dan kemandirian

Mampu bekerjasama dan saling peduli dalam menyelesaikan berbagai permainan

Character Building dan Dinamika Kelompok bersama dengan Pengenalan OSIS

Character Building dan Dinamika Kelompok bersama dengan Pengurus OSIS

Kegiatan:

  • Peserta didik  diajak terlibat aktif dalam berbagai permainan dinamika kelompok yang melibatkan pengurus OSIS
  • Penjelaskan tentang OSIS

14

Kerjasama

Mampu bekerjasama dalam melaksanakan Latihan acara Serah Terima Peserta didik  Baru dari Orangtua kepada Sekolah

Persiapan Serah Terima Peserta didik  Baru dari Orangtua kepada Sekolah

Pemilihan Petugas dan Latihan Serah Terima Pesrta Didik Baru dari Orangtua kepada Sekolah

15

Kerjasama

Mampu bekerjasama dalam pelaksanaan upacara penutupan MOPDB sesuai tugas masing-masing

Upacara Penutupan

Upacara Penutupan MOPDB 2017 – 2018

 



MPLS

MPLS

MPLS
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment